Bundling


Can-Bundling-Save-Money-for-Small-Business-CustomersBundling atau Paket merupakan gabungan dari dua atau lebih produk atau jasa dengan harga khusus. Bundling merupakan strategi harga yang ditetapkan perusahaan guna membuat produknya lebih laku dipasar.

 

Strategi bundling dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara :

  1. Pure Bundling, yaitu dengan menawarkan produk dalam paket atau  tidak menawarkan produk dalam bentuk terpisah
  2. Mixed Bundling, yaitu dengan menawarkan produk dalam bentu paket juga menawarkan produk dalam bentuk terpisah

Pro dan Kontra dalam melakukan Pure atau Mixed Bundling :

  • Tidak selalu strategi bundling yang dilakukan perusahaan akan sukses, maka perusahaan cenderung untuk menjaga agar pendapatan perusahaan terjaga dengan menawarkan cara Mixed bundling
  • Pengalaman memperlihatkan dengan Mixed bundling cenderung menguntungkan bagi perusahaan. Hal ini kemungkinan disebabkan karena konsumen dapat mengkomparasi informasi harga tanpa bundling dan dengan di bundling.
  • Dengan melakukan Bundling dianggap lebih baik dibandingkan tanpa bundling. Tetapi hal ini sangat tergantung dari preferensi dan informasi yang dimiliki konsumen
  • Dengan bundling dapat melakukan diskriminasi harga
  • Dengan bundling dapat membuat produk memiliki keunggulan bersaing

Leave a Reply