Business Model Canvas (BMC)

Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation menyampaikan framework untuk menggambarkan bisnis yaitu Business Model Canvas (BMC). Business model Canvas terdiri dari  sembilan kotak yang merepresentasikan elemen-elemen kunci yang secara umum akan ada pada semua model bisnis. Sembilan elemen tersebut adalah Customer segments, Value proposition, Channel, Customer relationship, Revenue stream, Key resource, Key activities, Key partners, dan Cost.

Gambar 1.1 The Business Model Canvas

Kesembilan kotak tersebut dapat dikelompokkan ke dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu : Elemen Customer Segment, Customer Relationship dan Distribution Channels dapat dikelompokkan dalam Customer, sedangkan Key Resources, Key Partner dan Key Activities dikelompokkan sebagai Ecosystem. Offering dideskripsikan dalam value proposition, sedangkan untuk cost structure dan revenue stream merupakan bagian dari finance.

Dalam kelompok Customer, elemen pertamanya adalah Customer Segment. Dalam menjalankan bisnis, harus ditetapkan siapa yang akan dilayani, memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan, bagaimana menggapainya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan konsumen. Elemen kedua yaitu distribution Channels merupakan sarana untuk menyampaikan Value Proposition kepada Customer Segment yang dilayani. Sementara elemen ketiga yaitu Channel berfungsi dalam beberapa tahapan mulai dari kesadaran pelanggan akan layanan sampai ke pelayanan purna jual. Untuk menjalin ikatan dengan customer perlu ada  elemen Customer Relationship dalam rangka menjalin hubungan dengan pelanggan untuk jangka panjang. Dibutuhkan desain yang kreatif untuk membentuk model hubungan dengan pelanggan.

Value Proposition adalah manfaat yang ditawarkan kepada segmen pasar yang dilayani dan akan menentukan segmen pelanggan yang dipilih. Komponen ini akan memberikan pengaruh terhadap komponen-komponen lainnya didalam bisnis model canvas.

Kelompok kedua yang terdiria dari Key Activities, Key Resources dan Key Partnership membentuk sebuah ecosystem untuk layanan. Key Activities adalah kegiatan utama untuk dapat menciptakan value proposition, sedangkan Key Resources merupakan sumber daya yang digunakan untuk memberikan layanan, dapat berwujud manusia, teknologi, peralatan, channel maupun brand. Key Partnership merupakan sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan value proposition tetapi tidak dimiliki oleh perusahaan. Pemanfaatan Key Partnership oleh perusahaan dapat berbentuk outsourcing, joint venture, joint operation, atau aliansi strategis.

Komponen finance merupakan gabungan dari elemen cost structure dan revenue stream. Cost structure adalah komposisi biaya untuk mengoperasikan dan mewujudkan value proposition kepada pelanggan. Struktur biaya yang efisien menjadi kunci besarnya keuntungan yang diperoleh organisasi. Adapun revenue stream adalah komponen yang dianggap paling vital karena dari sinilah perusahaan memperoleh pendapatan dari pelanggan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: