Customer Value


stock-vector-customer-value-word-cloud-business-concept-311545316Ketika konsumen akan membeli sebuah produk biasanya akan melakukan perbandingan antara benefit (manfaat) dari suatu produk dengan cost yang dikeluarkan.

Konsumen dapat membagi benefit ke dalam :

  1. Product Benefit: yaitu manfaat utama dari produk
  2. Service Benefit: yaitu manfaat tambahan yang berupa jasa dimana dia tidak terlihat
  3. Personal Benefit; yaitu manfaat pribadi yang diperoleh customer
  4. Image Benefit; yaitu manfaat karena citra dari merek produk yang digunakan

Kemudian dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, yaitu biaya-biaya berupa :

  1. Monetary Cost: yaitu biaya yang dikeluarkan untuk membeli produk tersebut yang berupa uang
  2. Time Cost; yaitu waktu yang diluangkan untuk memperoleh produk tersebut
  3. Energy Cost; yaitu tenaga yang dikeluarkan oleh pembeli untuk memperoleh produk tersebut
  4. Phychological Cost; yaitu pengorbanan phychology yang dikeluarkan pembeli untuk memperoleh produk tersebut, misal stress ketika sedang mengantri, dll

CUstomer Value merupakan perbandingan dari benefit dan cost konsumen untuk memperoleh suatu produk

Suatu produk akan dianggap memiliki customer value yang tinggi ketika benefit > cost.. Produk-produk ini yang disukai oleh konsumen, dan kemungkinan konsumen akan mau mengkonsumsi produk jadi semakin tinggi..

 


Leave a Reply