Membuat Merek yang dapat menjadi keunggulan bersaing.

Di era globalisasi saat ini saat persaingan semakin ketat dan semakin luas, maka semua produk diharuskan memiliki Merek. Merek menjadi penting agar dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengenali produk perusahaan, dan dapat membedakan dengan produk pesaing. Sehingga merek dapat menjadi keunggulan bersaing tersendiri bagi perusahaan. Sebelum lebih lanjut membahas tentang merek, kita kenali dulu apa itu merek ..

Merek adalah nama, terminology, simbol, atau design atau kombinasi dari itu semua yang memberikan gambaran sebagai sebuah identitas dari barang dan jasa yang ditawarkan, dan menjadi pembeda dari barang atau jasa pesaing (Kotler & Keller, 2012)

Merek adalah suatu “tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa. (Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual)

Jadi dapat disimpulkan sebuah merek merupakan gambaran dari unsur-unsur yang memiliki daya pembeda yang berdampak pada persepsi masyarakat.. dimana pada akhirnya masyarakat dapat membedakan satu produk dengan produk yang lain.

Peran dari merek adalah sebagai :

  1. Identitas dari suatu barang atau jasa
  2. Kemudahan penanganan suatu barang atau jasa
  3. Memudahkan pencatatan ketersediaan barang atau pemesanan jasa
  4. Memberikan proteksi hukum
  5. Menggambarkan Kualitas dari barang atau jasa
  6. Menciptakan penghalang masuk dalam persaingan
  7. Menjadi keunggulan bersaing suatu barang atau jasa perusahaan
  8. Menjadi penjamin dari harga yang mahal suatu barang atau jasa

 

Bagaimana suatu perusahaan membangun suatu merek??

yang dilakukan haruslah dengan memberikan ‘ruh’ kepada merek tersebut. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan menyusun suatu program pemasaran yang terintegrasi.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan elemen dari merek. Elemen dari merek terdiri dari :

  1. nama dari merek..
  2. alamat dari web yang mudah diingat
  3. logo
  4. simbol
  5. characters
  6. Slogan

Dalam memilih elemen merek, perlu dipertimbangkan bahwa elemen-elemen tersebut haruslah mudah diingat, memiliki arti yang baik, disukai, dapat di transfer kedalam arti yang dipahami, dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berubah, dan dapat memberikan perlindungan yang khusus

download (1)

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: