Paid Media

paid-media-200x200Paid Media merupakan media yang dibayar perusahaan untuk menginformasikan produk perusahaan. Paid media biasanya di kaitkan dengan pasar sasaran yang kemudian menggiring mereka ke media perusahaan (owned media) lalu diharapkan pasar sasaran akan melakukan pembicaraan di media sosial (earned media). Mengingat sekarang kita berada di era digital, maka paid media lebih diarahkan ke media-media digital.

media online berbayar dapat berupa teks, grafik, suara, video, hyperlink, atau animasi. Sejauh ini berdasarkan research Pricewaterhousecooper tahun 2011, iklan berbayar yang disukai :

  1. Mesin pencari (search)–>┬áSeperti google, yahoo, askme, bing, dll. Merupakan alat dimana orang akan menuliskan keyword (katakunci) tertentu untuk mencari sesuatu hal.
  2. display ads –> Merupakan bannner yang ada di website tertentu, dimana audiens dapat mengklik banner tersebut kemudian akan masuk ke link informasi detail seperti web perusahaan (owned media)
  3. classifieds –>dapat ditempatkan oleh perusahaan atau individual untuk ditempatkan, penempatan biasanya diklasifikasi ke dalam kriteria tertentu seperti mobil, rumah, sewa, jual, dll
  4. mobile –> iklan yang muncul di handphone yang biasanya disebar ketika audiens ada disuatu lokasi tertentu, biasanya dapat berupa sms, atau mms
  5. digital video –> video yang ditempatkan di media-media berbayar seperti portal berita, youtube, dll
  6. lead gerneration
  7. rich media

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: