Pain and Gain

Pemasaran merupakan aktifitas yang penting didalam suatu organisasi, baik organisasi profit maupun non profit..

kenapa menjadi penting??

ketika persaingan semakin meningkat, maka pemasaran menjadi sesuatu yang wajib dilakukan agar nilai yang diharapkan konsumen dapat sampai sesuai dengan kemauan konsumennya.

Osterwalder, dkk dalam bukunya Value proposition Design.. menggambarkan dalam memberikan penawaran produk yang perlu dipahami adalah customer segmen terlebih dahulu..

Customer segmen dipotret dari 3 (tiga) hal yaitu

  1. apa yang sebetulnya ingin diselesaikan oleh konsumen atau disebut dengan customer jobs,
  2. memahami apa yang disebut dengan customer pain yaitu kekecewaan, ketakutan, resiko yang dihadapi konsumen dalam mengkonsumsi produk
  3. memahami apa yang disebut dengan customer gain yaitu apa yang diharapkan, potensi apa yang akan membuat konsumen senang

organisasi harus mendesain produk yang ditawarkan berdasarkan 3 (tiga) hal, yaitu :

  1. Produk dan layanan dasar yang akan disampaikan, hal ini merupakan manfaat dasar atau fungsi dasar dari produk dan layanan yang diberikan
  2. berusaha membuat produk yang mampu menjadi Pain Remover bagi apa yang ditakutkan oleh konsumen, seperti produk yang mampu menghilangkan kekecewaan, ketakutan, resiko dari konsumen ketika mengkonsumsi produk organisasi
  3. berusaha membuat produk dengan differensiasi dan inovasi yang dapat meraih customer Gain dengan menciptakan produk yang mempunyai gain creator.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: