Communication in Digital Era


downloadCommunication merupakan cara bertukar informasi dari satu pihak ke pihak yang lain. Bagi Pemasar aktifitas komunikasi yang sesuatu yang sangat penting, mengingat dengan komunikasi akan pemasar dapat menginformasikan produk yang akan ditawarkan juga dapat memperoleh informasi mengenai produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggannya.  Cara melakukan komunikasi di era digital ini telah berubah.. jika pada masa konvensional pemasar hanya melakukan komunikasi melalui 2 (dua) cara yaitu : komunikasi massa, yaitu melakukan komunikasi dengan sumber pembicara satu tetapi audiens nya banyak, cara kedua adalah komunikasi personal, yaitu komunikasi yang dilakukan dengan cara satu sumber pembicara dan terdapat satu audiens.

Dengan berkembangnya teknologi Internet.. cara berkomunikasi telah berubah.. ada yang disebut dengan online marketing.

Online Marketing terdiri dari 3 (tiga) macam yaitu :

  1. Owned Media –> dimana perusahaan memiliki sendiri Media untuk melakukan komunikasi dengan audiensnya.. contohnya seperti Website, fanpage, twitter, dll
  2. Paid Media –> dimana perusahaan membayar kepada Media lain untuk menempatkan informasi produknya.. contohnya Media Massa Online, web site perusahaan atau blog yang memang menyediakan space iklan, dll
  3. Earned Media –> ketika seseorang memposting sesuatu di halaman web nya, atau di akun sosial medianya yang berdampak word of mouth positif terhadap audiens.

ad5f1267


Leave a Reply