Owned Media


owned-media-200x200Dengan kondisi persaingan yang semakin ketat, maka perusahaan harus melakukan komunikasi yang intens dengan para konsumennya. Dengan adanya perkembangan internet dan handphone maka cara berkomunikasi menjadi mudah dan murah.

cara melakukan komunikasi saat ini dapat diklasifikasi menjadi 3 (tiga) yaitu :

  1. Owned Media –> Media yang dibuat dan dimiliki oleh perusahaan sendiri
  2. Paid Media –> Media yang digunakan untuk komunikasi perusahaan dengan cara membayar kepada pihak lain
  3. Earned Media –> dengan perkembangan sosial media, dan internet dimungkinkan bagi para konsumen untuk menyebarkan informasi mengenai produk perusahaan ke pada pihak lain atau kepada konsumen lain

Disini saya akan membahas tentang Owned Media. Seperti dijelaskan diatas, OWNED MEDIA merupakan komunikasi dari organisasi atau perusahaan dengan konsumennya. Owned media dapat dilakukan secara online maupun offline.

Owned media Offline terdiri dari :

  • brosur perusahaan,
  • katalog,
  • papan nama dan petunjuk perusahaan,
  • merchandise promosi seperti ballpoint, kartu nama, kop surat, dll.

Sementara untuk owned media online terdiri dari :

  • website perusahaan
  • mobile sites
  • website chat
  • blogs
  • podcast
  • email/milist
  • pop in/pop out
  • text messaging
  • online event

Leave a Reply