Shared Media


Jika berbicara tentang shared Media di era digital saat ini yang terfikir adalah sosial media. DI era digital ini cara melakukan komunikasi menjadi sangat mudah, tidak lagi terbatas tempat dan waktu. untuk melakukan komunikasi dan sharing informasi saat ini tidak hanya berasal dari perusahaan ke konsumen, tetapi saat ini yang berbicara sudah konsumen ke konsumen lain.

Beberapa teori menyatakan pembagian dari marketing communication saat ini terdiri dari :

  1. Owned Media
  2. Paid Media
  3. Earned Media

Beberapa ada yang mengklasifikasikan menjadi 4 (empat) dan yang ke empat adalah Shared Media.

Shared Media didefinisikan sebagai interaksi merek melalui saluran pihak ketiga melalui profil pribadi pihak ketiga tersebut.  kegiatan shared media dilakukan dengan cara sharing informasi dua arah antara perusahaan, konsumen dan diantara beragam media yang ada.

 

Manfaat dari shared media :

  1. biaya lebih efisien
  2. fleksibilitas
  3. pembelajaran organisasi
  4. personalisasi organisasi

Tantangan dari Shared media :

  1. sulit untuk di kontrol
  2. tidak ada jaminan
  3. memperlihatkan seperti apa perusahaan

Leave a Reply